Kapan PPJ Akan Berakhir?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim kemungkinan bakal mengumumkan pembukaan sekolah pekan depan. Sebagian besar wilayah berpotensi masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Nanti mekanismenya tolong menunggu pengumuman [pembukaan sekolah] dari pak menteri, mungkin minggu depan. Syarat-syarat seperti apa,” tutur Plt. Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbud Muhammad Hamid, melalui konferensi video, Kamis (28/5).

Meski begitu, Hamid menyebut pembukaan sekolah itu hanya dilakukan di zona hijau Corona. Sedangkan yang lainnya bakal tetap melakukan pembelajaran jarak jauh.

“Kemungkinan besar sebagian besar sekolah akan tetap melakukan PJJ. Terutama untuk daerah-daerah zona merah dan zona kuning. Pembelajaran tatap muka kemungkinan itu akan dibuka di zona hijau,” jelasnya.

Ia pun menyatakan 110 kabupaten/kota yang masih nihil kasus Corona hingga hari ini bisa dijadikan gambaran awal pembukaan sekolah. Namun, katanya, keputusan penetapan zona sebuah wilayah tetap di tangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Tapi nanti penjelasan detail mohon bersabar menunggu minggu depan. Kemungkinan akan diumumkan sendiri oleh Pak Mendikbud,” tambah Hamid.

Terpisah, Pemerintah Kota (Pemkot) Batam memutuskan pembelajaran jarak jauh akan berlangsung hingga 13 Juli.

Hal itu tercantum dalam surat edaran Nomor 70/419.1/Disdik/IV/2020 yang menyebutkan kegiatan belajar dari rumah diperpanjang mulai 2 Juni hingga 11 Juli. Dalam surat tersebut juga dinyatakan bahwa siswa akan masuk sekolah tahun ajaran baru 2020/2021 pada 13 Juli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *