MGMP IPA : Webinar Diseminasi Diklat Pembina Ekstrakurikuler IPA

Pada situasi dan kondisi pandemi covid 19 ini menuntut guru untuk mampu beradaptasi dalam peningkatan kompetensi. Dinas pendidikan kabupaten wonogiri melalui tim kreatif mengadakan sosialisasi tentang penyelenggaraan berbagai kegiatan khususnya melalui daring untuk membantu meningkatkan kompetensi guru di wilayah kabupaten Wonogiri. Tdk terkecuali MGMP IPA Sub Rayon 04 Jatisrono, Kabupaten Wonogiri mendukung program tersebut dengan mengadakan webinar  pada hari selasa, 13 Oktober 2020 melalui Microsoft Teams.  Pada webinar tersebut mengambil judul Diseminasi Diklat Pembina Ekstrakrikuler IPA PPPP4TK IPA.

Peserta pada webinar yang telah diselenggarakan MGMP IPA Sub Rayo 04 ini telah di hadiri sejumlah peserta dari seluruh instansi pendidikan SMP di kabupaten Wonogiri sebanyak 74 peserta. Pemateri pada webinar tersebut sengaja ditunjuk dari salah satu guru yang telah mengikuti diklat di PPPPTK IPA di Bandung pada bulan Agustus 2020 kemarin. Ibu Ais Widayanti, S.Pd dari SMP Negeri 1 Jatiroto yang pada webinar tersebut sebagai narasumbernya.

Kegiatan webinar ini diawali dengan pembukakan yang dilanjutkan sambutan yang pertama dari ketua MGMP Sub Rayon 04 Bapak Agung Widodo, S.Pd dari SMP Negeri 3 Jatisrono yang menyampaikan secara singkat mengenai pentingnya belajar penguasaan materi IT guna mendasari peningkatan kompetensi guru di tengah-tengah masa pandemi ini. Mau tidak mau seorang guru atau pendidik harus siap mengikuti perkembangan sistem pendidikan di Inadonesia yang akhir-akhir ini mengarap pada penggunaan aplikasi baik itu di Dinas pendidikan maupun berkaitan dengan proses Pembelajaran.

Berikutnya ibu Agata margareti, S.Pd SMP Negeri 1 Jatipurno selaku host memberikan kesempatan kepada Bapak Winarno, M.Pd selaku  Koordinator MGMP IPA Sub Rayon 04 Jatisrono. Beliau menghimbau dan mengajak guru khususnya mapel IPA untuk ttidak mudah menyerah walau di tengah-tengah masa pandemi. Memotivasi bahwa sebagai guru dengan segala keterbatasan ini untuk selalu melaksanakan aktivitas pembelajaran dengan PJJ, tetap berkkarya  dan menggunakan fasilitas yang ada yang mudah di pahami serta selalu menasehati anak-anak untuk tidak jenuh dalam mengikuti PJJ. Pada masa pandemi ini mari kita juga bisa  gunakan untuk menambah Pengembangan Diri melalui berbagai diklat.

Presentasi diklat pembina ekstra kurikuler IPA oleh narasumber Ibu Ais Widayanti, S.Pd yang langsung di pandu oleh Bapak Tri Wiyono Budi Santoso, S.Pt dengan penuh semangat memaparkan  Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler pilihan di satuan pendidikan Dilakukan dengan tahapan :

  1. Analisis sumber daya yang diperlukan dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler
  2. Identifikasi kebutuhan, potensi, dan minat peserta didik
  3. Menetapkan bentuk kegiatan yang diselenggarakan
  4. Mengupayakan sumber daya sesuai pilihan peserta didik atau menyalurkannya ke satuan pendidikan atau lembaga lainnya
  5. Menyusun Program Kegiatan Ekstrakurikuler

Sesuai dengan topik webinasi tersebut diharapkan setiap sekolah mulai menyusun program ekstrakurikuler IPA khususnya di wilayah kabupaten Wonogiri yang nantinya mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan mapel IPA misalnya KSN, Lomba KIR dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *