MGMP MATEMATIKA : Webinar Diseminasi Rayon Matematika dan Persiapan PTS

MGMP Matematika Sub Rayon 04 Jatisrono mengadakan webinar pada Rabu, 16 September 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan tujuan untuk mengakomodir kegiatan MGMP selama masa pandemi dan juga untuk meningkatkan kemampuan guru terkait tugas pokoknya. Materi webinar kali ini yaitu diseminasi kegiatan Rayon Matematika dan persiapan PTS Gasal tahun pelajaran 2020/2021. Acara dipandu oleh Agus Budiyono, S. Pd. selaku moderator dan materi disampaikan oleh 4 orang narasumber antara lain Drs. Tarmo, M. Pd (Kasi PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri), Hany Ristuti, S. Pd, M. Pd. (Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri), Asih Budi Utami, S. Pd. (Koordinator MGMP Matematika 04 Jastisrono), dan Sudaryatno, S. Pd. (Ketua MGMP Sub Rayon 04 Jatisrono).

Drs. Tarmo, M. Pd. menyampaikan tentang kewajiban yang harus dilaksanakan oleh guru berkaitan dengan tupoksinya terutama tentang SKP, PPK, PKG, dan PAK. Dalam webinar dipaparkan tentang PAK berkaitan pula dengan kenaikan pangkat, terutama permasalahan seputar ditolaknya pengembangan diri dan publikasi ilmiah yang sudah dilakukan oleh guru, serta solusi – solusi yang dapat dilakukan agar penilaian angka kredit guru dapat tercapai dengan baik. Dilanjutkan penyampaian materi oleh ibu Asih Budi Utami, S. Pd. Beliau menyampaikan tentang pentingnya kegiatan kolektif guru, serta tentang SKP yang akan direvisi.

Selanjutnya ibu Hany Ristuti, S. Pd., M. Pd. menyampaikan terkait pentingnya absen dengan aplikasi Hadirku, tertib seragam, serta silabus dan RPP terutama tentang pengembangan silabus dan RPP di masa pandemi. Untuk silabus mata pelajaran harus memenuhi beberapa komponen, yaitu : Identitas mata pelajaran, KI dan KD, perumusan indikator, perumusan materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan pemilihan sumber belajar. Untuk komponen RPP diantaranya : identitas mata pelajaran, KI dan KD, tujuan pembelajaran, langkah – langkah pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan lampiran.

Terakhir penyampaian oleh bapak Sudaryatno, S. Pd mengenai kegiatan rayon dan persiapan kegiatan PTS Gasal, dari kelas 7, 8 dan 9. Dari kegiatan webinar ini harapannya para guru terutama guru mapel matematika dapat meningkatkan kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Diharapkan guru dapat menggunakan berbagai ragam metode yang dapat menstimulus peserta didik sehingga semangat belajar tetap terjaga dan pemahaman materi yang disampaikan secara daring berjalan secara optimal. Secara profesional diharapkan guru terus berkarya, tidak putus semangat dalam menghasilkan karya ilmiah yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran, utamanya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan selama masa pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *