WEBINAR MGMP MATEMATIKA SUB RAYON 04

KEGIATAN WEBINAR MGMP MATEMATIKA

SUB RAYON 04 JATISRONO

Wonogiri, 27 Januari 2021

Kegiatan MGMP Matematika Sub Rayon 04 Jatisrono pada tahun 2021 ini dilakukan  secara daring, yang bertujuan untuk mengakomodir kegiatan MGMP selama masa pandemi dan juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru terkait tugas pokoknya.  Untuk kegiatan MGMP Matematika Sub Rayon 04 Jatisrono pada tahun ini direncanakan akan melakukan 6 paket kegiatan dan 1 kali diklat yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan yang direncanakan meliputi 6 paket kegiatan yaitu :

  1. Paket 1 : Penyusunan Kurikulum dan RPP
  2. Paket 2 : Pengembangan Aplikasi Platform PJJ
  3. Paket 3 : Pemilihan Bahan Ajar dan Penilaian
  4. Paket 4 : PembuatanVidio Pembelajaran
  5. Paket 5 : Penyusunan Laporan Pembuatan Vidio Pembelajaran
  6. Paket 6 : Penyusunan Laporan Best Practice

Pada paket 6 tersebut sekaligus akan dilakukan diklat penyusunan Laporan Best Practice sehingga diharapkan setelah mengikuti kegiatan MGMP ini maka guru akan mendapatkan pengalaman dalam penyusunan laporan Best Practice sekaligus dapat memperoleh angka kredit untuk Pengembangan Diri dan Publikasi Ilmiah.

Pada kegiatan yang dilakukan hari Rabu, 27 Januari 2021 dimulai kegiatan MGMP pada paket 1 dengan narasumber Drs. Tarmo, M. Pd (Kasi PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri), Asih Budi Utami, S. Pd ( Koordinator MGMP Matematika 04 Jastisrono), dan Sudaryatno, S. Pd ( Ketua MGMP Sub Rayon 04 Jatisrono).  Kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB dengan moderator Ankai Wahyuni T. H, S. Pd.

            Kegiatan MGMP ini dilakukan melalui aplikasi Google Meeting dengan pertimbangan bahwa semua anggota MGMP dapat lebih mudah mengakses dari perangkat komputer, laptop, maupun Handphone.  Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 32 orang.  Tidak semua anggota MGMP dapat bergabung dikarenakan ada beberapa faktor kendala diantaranya sinyal yang kurang mendukung karena cuaca dan lokasi, beberapa anggota kurang aktif di grup Whatsapp sehingga tidak mengetahui informasi, dan lainnya.

Pemaparan materi dari narasumber dimulai dari pemaparan narasumber kedua yaitu ibu Asih Budi Utami, S. Pd yang membuka kegiatan serta menyampaikan tentang pentingnya kegiatan kolektif guru, serta penyusunan RPP terutama RPP masa pandemi.  Narasumber selanjutnya yaitu bapak Sudaryatno, S. Pd menyampaikan tentang rencana kegiatan MGMP Matematika Sub Rayon 04 Jatisrono selama 1 tahun ini, penyampaian tentang kurikulum dan penyusunan RPP.  Sedangkan narasumber bapak Drs. Tarmo, M. Pd menyampaikan tentang berbagai permasalahan terkait pembelajaran secara daring, RPP adaptif, dan pentingnya kegiatan MGMP untuk guru.

Kegiatan MGMP ini diakhiri dengan sesi tanya jawab mengenai permasalahan terkait RPP masa pandemi dan permasalahan terkait PKB guru.  Resume dan tugas untuk kegiatan paket 1 kemudian dishare oleh sekertaris di grup Whatsapp untuk dapat ditindaklanjuti oleh rekan anggota MGMP.  Dari kegiatan MGMP kali ini diharapkan guru terutama guru mapel matematika dapat meningkatkan kompetensinya dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan MGMP meskipun masih dalam masa darurat pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *