Panduan Membuat LKPD Menggunakan Liveworksheet

KEGIATAN WEBINAR MGMP MATEMATIKA

SUB RAYON 04 JATISRONO

Wonogiri, 10 Februari 2021

Kegiatan MGMP Matematika Sub Rayon 04 Jatisrono pertemuan ke tiga, dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 10 Februari 2021 pada pukul 09.00 s.d 12. 00 WIB melalui google meeting.  Kegiatan dibuka oleh ibu Asih Budi Utami, S. Pd selaku Koordinator MGMP Matematika 04 Jastisrono.

Narasumber kegiatan hari ini, selain bapak Sudaryatno, S. Pd selaku Ketua MGMP Matematika Sub Rayon 04 Jatisrono, juga menghadirkan bapak Gurit Wahyu Pramono, S. Pd.  Beliau merupakan guru matematika dari SMP Negeri 2 Jatipurno.  Moderator kegiatan adalah ibu Dina Wijayanti, S. Pd dari SMP Negeri 2 Jatisrono.

Kegiatan yang dilakukan pada hari ini merupakan lanjutan kegiatan Paket 1 yaitu Penyusunan Kurikulum dan RPP.  Materi utama pada pertemuan kali ini adalah pembuatan LKPD Interaktif melalui liveworksheet dan penyampaian materi yang akan diujikan pada PTS semester genap.  Dari narasumber bapak Sudaryatno, S. Pd disampaikan mengenai materi yang akan diujikan pada kegiatan PTS genap, dari kelas7, kelas 8, dan kelas 9.  Untuk materi selanjutnya dari bapak Gurit Wahyu Pramono, S.Pd yaitu pembuatan LKPD Interaktif.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah dengan liveworksheet, yang dapat dibuka melalui website www.liveworksheet.com.  Pada aplikasi liveworksheet kita dapat menampilkan materi berupa vidio, gambar, serta simbol – simbol menarik lainnya yang dapat menambah daya tarik dan semangat belajar.

Pembuatan LKPD interaktif ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan untuk mengantisipasi kebosanan belajar pada siswa yang biasanya hanya mengerjakan LKPD dalam lembar kertas atau bentuk formulir lainnya.  Dalam pembuatan LKPD interaktif ini guru dapat membuat akun terlebih dahulu melalui website www.liveworksheet.com.  Proses pembuatan LKPD cukup mudah, hanya perlu kesabaran dalam membuat jenis – jenis pertanyaan yang diinginkan.

Dalam website liveworksheet ini sebagai guru kita juga dapat mengelola kelas, mengelola akun siswa, dan banyak manfaat lainnya.  Dalam pembuatan LKPD guru dituntut punya kreativitas dalam pembuatan dokumen LKPD yang akan diubah menjadi bentuk LKPD interaktif.  Dengan adanya materi pembuatan LKPD interaktif ini, diharapkan guru Matematika anggota MGMP Matematika Sub Rayon 04 Jatisrono dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran jarak jauh tetap terasa menyenangkan bagi siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *