Optimalisasi Layanan Responsif Di Masa Pandemi

Webinar MGBK SUB RAYON 04

Kegiatan Kolektif Guru BK Paket I Pertemuan Kedua

Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Sub Rayon 04 Jatisrono kembali menggelar Kegiatan Koletif Guru (KKG) pada hari Selasa, 16 Februari 2021. KKG Paket I telah memasuki pertemuan kedua dengan topik pembahasan “Optimalisasi Layanan Responsif di Masa Pandemi”. Kegiatan yang dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet diikuti oleh 32 peserta yang semuanya merupakan guru BK di SR 04 Jatisrono.

Kegiatan ini dibuka oleh Hartanti, S.Pd (Guru BK SMPN 2 Jatiroto) selaku moderator dan dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua MGBK SR 04, Rosita Dian Wardhany, S.Psi (Guru BK SMPN 3 Sidoharjo). Beliau memaparkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yakni untuk meningkatkan kompetensi guru BK dalam memberikan layanan responsif kepada peserta didik di masa pandemi. Beliau juga menyarankan kepada seluruh peserta untuk aktif mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan MGBK sebagai wadah untuk berbagi pengalaman dan informasi baru.

Pemaparan materi dari narasumber pertama yaitu Ibu Dra. Ninuk Dwi Sutartini, M.Pd Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wonogiri. Inti materi yang beliau sampaikan mengenai layanan responsif sebagai layanan yang diberikan segera kepada peserta didik yang mengalami krisis dan permasalahan yang perlu untuk segera diberikan bantuan/ intervensi. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh setiap sekolah pasti mengalami permasalahan yang berasal dari peserta didik dan perlu untuk mendapat bantuan dari guru BK, untuk itu peran guru BK dalam memberikan layanan responsif perlu untuk dioptimalkan. Pemaparan materi kedua oleh Ibu Nuriah Halleyda, S.Psi (Guru SMP N 2 Jatisrono) mengenai inovasi dan teknis pelaksanaan layanan responsif baik secara luring maupun daring.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan sharing mengenai kendala yang dihadapi guru BK dalam memberikan layanan reponsif di masa pandemi. Hasil akhir dari KKG Paket I pertemuan kedua diharapkan seluruh guru BK memiliki administrasi mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan pelaksanaan layanan responsif di masa PJJ sesuai kondisi disekolahnya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *