KKG Bahasa Indonesia Paket 1 (Penyusunan Kurikulum dan RPP)

Hari ini, Kamis, 18 Februari 2021, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Subrayon 04 Jatisrono Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 1 secara virtual menggunakan aplikasi Microsoft Team. Kegiatan tersebut diikuti oleh 44 peserta atau sekitar 63% dari jumlah peserta seluruhnya. Narasumber pada kegiatan ini adalah Koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 04 Kabupaten wonogiri, yaitu Utami Padriastuti, yang menyampaikan materi Penyusunan Kurikulum (KTSP) dan Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri, Sriyono.

Mengawali praacara, Hery Suryanto selaku host pada kegiatan ini menyapa para peserta yang masuk meeting room. Selanjutnya, host menyerahkan waktu kepada moderator,  Sri Haryanti sebagai pemandu acara mengingatkan hal-hal teknis terkait kelancaran kegiatan ini. Pertemuan ini dimulai tepat pukul 09.00 WIB dan dijadwalkan dalam 2 sesi. Sesi 1, diisi oleh Utami Padriastuti. dan sesi 2 diisi oleh Sriyono.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh moderator, kemudian laporan dari Ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 04, Hery Suryanto. Beliau memaparkan inti dari kegiatan KKG paket 1 hari ini.

Sesi pertama pertemuan ini, diberikan kepada Utami Padriastuti selaku narasumber. Mengawali penyampaian materinya, yaitu Penyusunan Kurikulum (KTSP), Utami Padriastuti,  menyapa peserta diklat, mengucapkan terima kasih atas antusiasme peserta  dalam mengikuti kegiatan ini, meskipun kondisi pandemi masih berlangsung. Beliau menjelaskan tentang Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan untuk setiap sekolah sesuai dengan kondisi sekolah tersebut.

Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan di sekolah yang bersangkutan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menjadi pedoman penyusunan dokumen 2 dan dokumen 3, atau silabus dan RPP.

Sesi 2 pertemuan paket 1 ini dilanjutkan oleh Sriyono, Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri. Mengawali pemaparan materinya, beliau mengevaluasi room event yang digunakan hari ini. Selanjutnya sekilas menyampaikan Diklat AKM Literasi Membaca yang telah terlaksana. Beliau mohon peserta diklat AKM segera mengumpulkan tagihan yang sudah diberikan, sebagai bukti pertanggungjawaban keikutsertaan dalam Diklat AKM Literasi Membaca dan sebagai latihan dalam penulisan soal yang ternyata tidak mudah.

Kegiatan paket 1 ini beliau juga menyampaikan  Permendikbud 1 tahun 2021 tentang PPDB than 2021 dan penyusunan perangkat pembelajaran. Beliau menyampaikan kurikulum yang berlaku sekarang ada 3, yaitu kurikulum nasional, kurikulum darurat, dan kurikulum mandiri. Di Wonogiri lain lagi ada kurikulum adiktif yang dipilih untuk masa pandemi ini. Beliau juga menjelaskan bahwa Mapel Bahasa Indonesia satu-satunya MGMP yang sudah mengunggah perangkat pembelajaran di Portal PDK Wonogiri secara lengkap. Dalam pertemuan ini juga dijelaskan cara membuka dan mengunduh perangkat pembelajaran di Portal PDK Wonogiri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *