Kegiatan Kolektif Guru Paket 1 IN 2 Pengembangan SILABUS dan RPP

MGMP IPA SUB RAYON 04 JATISRONO

KABUPATEN WONOGIRI

Menindaklanjuti Kegiatan Kolektif Guru ( KKG ) paket 1 yang sudah terselenggara mulai tanggal 13 Februari dan berakhir pada hari ini dengan IN 2 dengan materi review hasil pengembangan silabus dan RPP  yang diselenggarakan oleh MGMP IPA SMP Sub Rayon 04 Jatisrono telah terlaksana dengan lancar.

Peserta pada kegiatan ini  yang telah diselenggarakan MGMP IPA Sub Rayo 04 ini di hadiri sejumlah peserta dari seluruh guru IPA di Sub Rayon 04 Jatisrono di kabupaten Wonogiri sebanyak 52  peserta dari 55 peserta yang sudah mendaftar. Pemateri pada KKG paket 1 IN2  tersebut sudah ditunjuk melalui undangan MGMP IPA SMP tingkat Rayon Kabupaten Wonogiri dalam bentuk penjadwalan dan untuk Sub Rayon 04 adalah senior IPA Bapak Sudirman, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan KKG ini diawali dengan pembukakan yang dilanjutkan sambutan yang pertama dari ketua MGMP Sub Rayon 04 Bapak Agung Widodo, S.Pd dari SMP Negeri 3 Jatisrono yang menyampaikan secara singkat mengenai pentingnya merencaanakan pembelajaran guna mendasari peningkatan kompetensi guru baik di tengah-tengah masa pandemi ini maupun di masa normal .

                Berikutnya ibu Agata margareti, S.Pd SMP Negeri 1 Jatipurno selaku host memberikan kesempatan kepada Bapak Winarno, M.Pd selaku  Koordinator MGMP IPA Sub Rayon 04 Jatisrono. Beliau menghimbau dan mengajak guru khususnya mapel IPA untuk bisa lebih aktif dalam mengikuti KKG di paket-paket selanjutnya. Persiapan-persiapan dalam melaksanakan proses pembelajaran sangatlah perlu direncanakan sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran baik di masa pandemi ( PJJ ) maupun secara Normal dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut.

                Kepengurusan MGMP IPA SMP Rayon kabupaten Wonogiri juga telah berakhir dan telah di sosialisasikan pada kesempatan ini dengan kehadiran Bapak koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, Bapak Drs MI. Mewal, M.Pd. dengan sedikit sambutan yang memberikan informasi bahwa semua guru IPA sekabupaten Wonogiri untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan pengurus nanti.

Presentasi diklat pembina ekstra kurikuler IPA oleh narasumber Bapak Sudirman, S.Pd., M.Pd. yang langsung di pandu oleh Bapak Tri Wiyono Budi Santoso, S.Pt dengan penuh semangat memaparkan  Pengembangan silabus dan RPP yang secara garis besar menghasilkan suatu kesepakatan intern di dalam lingkup MGMP IPA Sub Rayon 04. Kesepakatan yang dimaksud adalah :

  1. Secara teknis
  2. Menyamakan layout pada penyusunan silabus dan RPP
  3. Menyamakan format silabus dan RPP
  4. Secara Hakekat/essensial

Penulisan silabus dan RPP bisa beda tergantung dari model pembelajaran yang digunakan

Sesuai dengan topik KKG paket 1 tersebut diharapkan setiap Guru mulai menyusun atau memperbaiki Silabus dan RPP sesuai dengan yang sudah di sepakati khususnya di lingkup MGMP IPA SMP Sub Rayon 04  kabupaten Wonogiri yang nantinya mampu bisa menjadi pedoman dalam penyusunan Silabus dan RPP berikutnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *