MGBK SR 04 Gelar KKG Pengembangan Rencana Program Penilaian

MGBK SUB RAYON 04 JATISRONO BAHAS TOPIK PENGEMBANGAN RENCANA PROGRAM PENILAIAN

MGBK Subrayon 04 Jatisrono melaksanakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) dengan Google Meet  diikuti sebanyak 29 peserta (Selasa, 06/4/2021). Kegiatan KKG Paket 2, pertemuan kedua membahas tentang pengembangan rencana program penilaian, Jolinsah Wijayanti, S.Pd dari SMP Negeri 1 Jatipurno sebagai host menyapa para peserta. Kegiatan ini dipandu oleh moderator Ratna Febri dari SMP Negeri 2 Girimarto. Kegiatan diawali sambutan dari Ketua MGBK Nuriah Halleyda, SMP Negeri 2 Jatisrono. Dalam sambutannya memberikan sambutan tentang peran konselor dalam dunia pendidikan.

Kegiatan inti disampaikan oleh Khoiriyah Dinawati Guru BK SMP Negeri 1 Girimarto selaku narasumber. Konsep Penilaian, berdasarkan Permendinas No 20 Tahun 2007 konsep tentang penilaian sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Informasi yang dikumpulkan berkenaan dengan kemampuan belajar (kognitif), ketrampilan (psikomotorik) dan sikap yang diinginkan (afektif). Namun dalam ranah  Bimbingan Konseling yang bukan pemberi nilai, maka penilaian dalam Bimbingan konseling pada konsep evaluasi. Evaluasi dalam Bimbingan Konseling adalah segala upaya tindakan atau proses untuk menentukan kualitas kemajuan kegiatan bimbingan konseling dengan mengacu pada kriteria tertentu sesuai dengan program bimbingan konseling yang telah ditetapkan, untuk mengetahui keefektifan, efisiensi dan kompetensi yang telah dimiliki peserta didik dari layanan bimbingan konseling yang telah dilaksanakan

Kegiatan diakhiri dengan diskusi, sharing dan tanya jawab dari peserta berkaitan dengan  pengembangan rencana program penilaian. Hasil KKG paket 2 pertemuan kedua diharapkan guru BK menguasai konsep dan praktik dalam pengembangan rencana program penilaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *