MGMP IPA SR 04 Jatisrono Sukses Selenggarakan KKG Paket 4 IN 3 dalam PPT Online

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Sub Rayon 04 Jatisrono sukses menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) secara daring dengan menggunakan Microsoft Teams dengan tema Pengembangan Media Pembelajaran – Power Point Online pada Sabtu, 31 Juli 2021. Kegiatan ini merupakan lanjutan KKG pertemuan sebelumnya. Kegiatan ini  dihadiri guru IPA di Sub Rayon 04 Jatisrono sebanyak 42 orang. Narasumber kegiatan ini adalah  Ais Widayanti dari SMPN 1 Jatiroto yang sekarang sudah mutasi ke SMPN 1 Wonogiri, dan dipandu oleh Tri Wiyono Budi Santoso,  guru SMP Negeri 4 Jatisrono selaku host dan Giyadi dari SMP N 2 Jatisrono sebagai moderator.

Sebelum kegiatan dimulai host Tri Wiyono Budi, menyapa peserta dalam room meeting satu per satu, memastikan audio sudah terdengar dengan jelas pada masing masing posisi bp ibu guru peserta KKG. Dan luarbiasanya kegiatan pagi ini juga dikunjungi dari Dinas PDK Wonogiri yang diwakili oleh Agus Dwianto dan Ketua MGMP IPA SMP Rayon Wonogiri Sunarno.

Kegiatan KKG ini diawali dengan pembukaan yang dilanjutkan sambutan dari Ketua MGMP Sub Rayon 04  Jatisrono, Agung Widodo dari SMP Negeri 3 Jatisrono yang  memotivasi sekaligus mengingatkan kepada Bp/Ibu peserta KKG agar memenuhi semua tagihan selama KKG berlangsung.  Oleh karena itu beliau mengharapkan kepada seluruh peserta KKG untuk tetap mengikuti dengan sungguh-sungguh dan mensukseskan KKG Paket 4 in 3  ini .

Winarno, selaku  Koordinator MGMP IPA Sub Rayon 04 Jatisrono memberikan motivasi dan mempertegas kembali apa yang disampaikan oleh ketua Agung Widodo terkait tagihan, juga beliau mengharapkan bp ibu guru peserta KKG untuk selalu aktif mengikuti pertemuan pertemuan seperti ini, agar bisa berkomunikasi dengan teman, sehingga bisa menambah semangat dan menaikkan imun walaupun saat ini masih pandemi. Beliau juga menyampaikan bahwa bp ibu peserta sebaiknya menyelesaikan tugas secara mandiri agar nantinya bisa bangga pada diri sendiri pernah menorehkan karya yang luar biasa. Guru mulia karena karya demikian juga kata beliau tetap semangat, jangan nglokro, jangan bilang sudah tua, mari terus berkarya yang bisa memberikan kemanfaatan  dan memberikan nilai kebaikan kepada sesama, jangan lupa jaga imun jaga irama.

Selanjutnya kegiatan inti dipandu langsung oleh moderator Giyadi, dengan urutan kegiatan paparan materi PPT online, sesi Tanya jawab, closing statement dan penutup. Ais Widayanti sebagai nara sumber dalam kegiatan ini , selanjutnya memaparkan materi Power Point Online dengan jelas, gamblang dan sangat mudah dipahami. Diawali dengan persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum membuat PPT , antara lain template PPT yang sudah disediakan oleh MGMP, bahan ajar , evaluasi berupa  yang sudah dibuat dalam bentuk google form serta video pembelajaran. Selanjutnya, beliau memandu pembuatan PPT  secara offline dengan sabar, hati hati, terperinci lalu memandu bagaimana cara mengonline kannya. Semua materi dapat tersampaikan dengan baik dan sangat mudah dipahami.

Setelah paparan materi selesai maka dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab yang dibagi kedalam 2 termin. Tanggapan / pertanyaan dari peserta KKG atas presentasi materi tersebut juga menambah serunya kegiatan ini diantaranya dari Titik Kurniawati menanyakan tentang cara meng online kan PPT dan langsung ditanggapi oleh narasumbar dengan baik, selanjutnya Yuni dari SMP Negeri 4 Jatisrono menanyakan 1.bagaimana cara me link kan tombol ke tujuan, materi dll dan 2. bagaimana cara membuat animasi rotasi, gerak dipercepat/diperlambat menggunakan ppt juga langsung ditanggapi oleh Ais dengan baik dan jelas. Selanjutnya kegiatan initi ini ditutup dengan closing statement dari narasumber Ais Widayanti, salah satunya teknologi itu tidak dapat menggantikan guru, tetapi guru yang tidak menggunakan teknologi akan tergantikan. Maka marilah kita terus belajar dan saling berbagi ilmu, walaupun sedikit pasti sangat bermanfaat, kata beliau mengakhiri closing statementnya

Setelah kegiatan ini selesai ditutup dengan kata kata pamitan dari narasumber yang dahulu bertugas di SMPN 1 Jatiroto dan sekarang sudah mutase ke SMPN 1 Wonogiri, selanjutnya  pengumuman dari ketua MGMP sub rayon 04 Jatisrono kaitannya dengan kegiatan KKG berikutnya dan foto bersama dari semua peserta KKG dengan membuka kamera masing masing.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *