SMPN 2 Jatisrono Gelar Sosialisasi Program Sekolah & Parenting Virtual

Menjalankan peran sebagai orangtua bukan tugas yang mudah. Proses mengasuh dan membesarkan anak (parenting) menjadi semakin menantang dengan adanya pandemi global. Perubahan drastis terjadi dalam banyak aspek. Banyak orangtua tidak bisa pergi bekerja, karena anak harus bersekolah dari rumah, dan khawatir dengan keuangan keluarga, adalah sebagian penyebab ketegangan dan stress. Sebagai upaya pihak sekolah dalam mensukseskan program kegiatan sekolah dan peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar dari rumah, SMPN 2 Jatisrono menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Kegiatan Sekolah dan Parenting secara virtual dengan tema Menjadi Orang Tua Idaman dimasa Pandemi.

Kegiatan dilaksanakan secara daring menggunakan Google Meet dan Live Streaming Youtube, pada hari Selasa, 3 Agustus 2021 pukul 10.30 -11.30 WIB. Peserta kegiatan terdiri dari orang tua atau wali siswa dan Guru SMPN 2 Jatisrono sebanyak 97 yang bergabung di Google meet dan 187 yang bergabung di Live Streaming Youtube.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara Resnaning Puji astuti, Guru SMPN 2 Jatisrono. Resnaning  membuka kegiatan dengan menyapa narasumber dan peserta yang telah bergabung  diruang meet dan dilanjutkan menyampaikan susunan acara.

Basuki selaku Kepala Sekolah SMPN 2 Jatisrono memberikan sambutan di awal acara. Beliau menyampaikan latar belakang, tujuan serta manfaat dari kegiatan tersebut. Latar belakang kegiatan ini adalah banyaknya permasalahan yang muncul selama pembelajaran jarak jauh, baik dialami oleh anak maupun orang tua, serta perlunya peran orang tua dalam mendukung program sekolah selama pelaksanaan PJJ berlangsung. Tujuan dari kegiatan ini menurut Basuki adalah memberikan bekal pada orang tua dalam mendampingi anak serta mampu menjadi orang tua idaman  dimasa pandemi. Basuki juga mengingatkan pentingnya menerapkan 5M sebagai penanggulangan merebaknya kasus covid-19 di lingkungan Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan ini dipandu  oleh Nuriah Halleyda yang bertindak sebagai moderator. Nuriah Halleyda memandu acara dengan baik dari pukul 10.30 dan berakhir pukul 11.30 WIB.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Doa oleh Suharno dan dilanjutkan dengan acara inti yang disampaikan oleh Dina Wijayanti selaku Narasumber dan Waka Kurikulum di SMPN 2 Jatsirono, beliau memberikan gambaran yang jelas kepada orang tua siswa tentang program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekolah selama satu tahun pelajaran kedepan. Beliau mengharapkan peran serta dan kerjasama dari orang tua siswa dalam mendukung dan mendampingi siswa dalam belajar dan menjalankan program sekolah yang telah direncanakan. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, pada sesi ini beberapa orang tua siswa memberikan masukan dan saran demi kemajuan sekolah kedepannya.

Materi selanjutnya dipaparkan oleh Faqih Purnomo Sidi, beliau adalah Dosen program studi Psikologi di Universitas SAHID Surakarta sekaligus pakar parenting. Faqih menyampaikan beberapa kasus yang dialami oleh anak dan orang tua selama pembelajaran jarak jauh. Beliau juga menyampaikan beberapa tips kepada peserta agar menjadi orang tua idaman khususnya di masa pandemi ini.

Peserta parenting sangat antusias dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab, karena selama PJJ orang tua menemukan banyak kendala dan permasalahan yang dialami sehingga membutuhkan solusi dalam pemecahannya. Kegiatan ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan perihal kegiatan ini oleh salah satu perwakilan orang tua siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *