MGMP IPS Sub Rayon 04 Gelar Launching Kegiatan Kolektif Guru Tahun 2022

MGMP IPS  Subrayon 04  Jatisrono  melaunching   Kegiatan Kolektif Guru ( KKG )  dengan materi “Pembuatan Media  Pembelajaran” pada hari  Kamis, 27 Januari 2022 bertempat di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Kegiatan kali ini dilakukan melalui  luring ( kegiatan tatap muka ) , dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat , meliputi : penggunakan masker , cuci tangan sebelum kegiatan, penggunaan hand sanitizer dan pengaturan tempat duduk dengan jaga jarak  Kegiatan  ini diikuti oleh 41 peserta anggota MGMP IPS  Sub Rayon 04 Jatisrono. Menampilkan narasumber  tunggal yaitu Prasnowo Wibawanto , S.Pd.

Acara diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara B. Eni Budiarsi, S. Pd. ( SMP Negeri 1 Jatisrono) dilanjutkan dengan menyanyikan bersama Lagu Indonesia Raya , dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMP Negeri 1 Sidoharjo,selaku tuan rumah yang diwakili Sularto, S.Pd. ( Guru IPS SMP Negeri 1 Sidoharjo ). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran anggota MGMP. Selanjutnya sambutan oleh Prasnowo Wibawanto S.Pd.( Guru SMP Negeri 2 Girimarto) selaku Ketua MGMP IPS Sub Rayon 04 Jatisrono sekaligus membuka acara dimulainya Kegiatan Kolektif Guru  IPS Sub Rayon 04 Tahun 2022. Beliau mengharapkan semua anggota aktif dan selalu menjaga kekompakan. Beliau juga menyampaikan himbauan agar semua anggota MGMP IPS Sub Rayon 04 Jatisrono selalu dalam  mensukseskan kegiatan kegiatan kolektif guru  sebagai bentuk peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru dan dapat dijadikan sarana untuk pengembangan karier guru.Pak Prasnowo juga menyampaikan ucapan selamat kepada beberapa guru yang tergabung sebagai anggota MGMP IPS telah  lolos dalam test penerimaan PPPK  Pemerintah Kabupaten Wonogiri,.

 Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Haryanti, S.Pd ( Guru SMP Negeri 3 Sidoharjo), selaku sekretaris MGMP IPS Subrayon 04 . Beliau memaparkan program Kegiatan Kolektif Guru yang akan dilaksanakan  MGMP IPS Sub Rayon 04 Jatisrono Tahun 2022. Sesuai proposal yang sudah disetujui dan disahkan  oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri , Dr. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd Kegiatan kolektif guru MGMP IPS Sub Rayon 04 akan berlangsung dalam 5 Paket , masing masing paket terdiri dari 3 pertemuan baik dilaksanakan secara luring maupun daring , dalam kurun waktu antara bulan Januari sampai dengan bulan September 2022.

Acara di lanjut dengan penyampaian materi inti dari narasumber Prasnowo Wibawanto, S.Pd, tentang pembuatan media pembelajaran  untuk pembelajaran IPS . .Beliau menyampaikan Media pembelajaran tidak selalu harus mahal dan membutuhkan biaya yang banyak, kita bisa mensiasati  materi pembelajaran yang akan kita sampaikan dengan melihat benda – benda disekitar kita. Media kita buat seotentik mungkin dengan menggunakan media asli bentuknya bukan gambar atau replika suatu benda.Dalam kesempatan ini beliau, yang saat ini sudah lolos kenaikan pangkat ke IVc  banyak menceritakan pengalaman dan kiat kiat  dalam pembuatan media pembelajaran sehingga dapat lolos  penilaian angka kredit guru.

Setelah penyampaian materi dan tanya jawab ,  dilanjutkan dengan saling sharing dan ramah tamah di antara para peserta, diantaranya sharing dari Prih Haryati , S.Pd. ( Guru SMP Negeri 1 Girimarto), yang menceritakan pengalamannya tentang pembuatan media pembelajaran IPS berupa video pembelajaran. Dengan adanya sharing dimaksudkan dapat memberikan motivasi kepada sesama guru IPS untuk selalu aktif berkarya, selain untuk peningkatan kualitas pembelajaran juga akan berdampak pada pengembangan karier guru. Kegiatan diakhiri pada pukul 11.30 dengan memberikan penugasan kepada anggota MGMP untuk membuat media pembelajaran sesuai dengan SK KD di kelas yang di ajar, sebagai pelaksanaan kegiatan ke 2 paket ke1  KKG MGMP IPS SR 04 Jatisrono Tahun 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *