Semarakkan Kemerdekaan Espensasi Go Nyawiji Sambut Pawai Kebangsaan

SMP Negeri 1 Sidoharjo kembali berkiprah setelah dua tahun terbelenggu pandemi covid-19. Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kecamatan Sidoharjo, SMP Negeri 1 Sidoharjo ikut berpartisipasi dalam kegiatan pawai kebangsaan yang dicanangkan Bupati Wonogiri secara serentak. SMP Negeri 1 Sidoharjo menyambut kegiatan tersebut dengan persiapan yang sungguh-sungguh dari masing-masing pasukan pada hari Kamis (11-8-2022).

Persiapan pawai kebangsaan ini dikuti oleh warga SMP Negeri 1 Sidoharjo yang terdiri dari 542 siswa dan 36 guru pendamping. Adapun tema pawai kebangsaan tahun ini adalah “Go Nyawiji Semarakkan Pawai Kebangsaan Espensasi Rapatkan Barisan  Kembangkan Profil Pelajar Pancasila”. Persiapan pawai diawali dengan arahan Kepala Sekolah dan penjelasan Ketua Pawai SMP Negeri 1 Sidoharjo. Selanjutnya masing-masing pasukan berlatih dan menyiapkan peralatan yang akan digunakan. Dalam arahannya, Tri Pujiastuti selaku Kepala SMP Negeri 1 Sidoharjo  mengajak para siswa agar mengikuti pawai dengan sungguh-sungguh.  Hal ini bertujuan untuk menghargai perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. “Tugas pelajar saat ini adalah  mengisi kemerdekaan dengan belajar. Pawai memberikan pembelajaran bagaimana siswa dapat menghargai serta melatih diri sehingga menjadi pelajar yang kompeten, memiliki  nasionalisme yang kuat sehingga terwujud pelajar yang berkarakter, yang berujung pada pembentukan Profil Pelajar Pancasila,” tegas Tri Pujiastuti.

Selanjutnya Sularto selaku Ketua Kontingen Pawai Kebangsaan SMP Negeri 1 Sidoharjo menjelaskan bahwa pasukan terbagi  menjadi enam belas. Kontingen SMP Negeri 1 Sidoharjo diawali dari pasukan batik carnival disusul pasukan merah putih, pasukan bentang bendera, pasukan panahan, Tari Jaranan, Tari Krincing, pasukan bambu runcing, pasukan petani, pasukan semafor, pasukan profesi, pasukan adat jawa dan lurik, pasukan bali, pasukan papua, pasukan gareng, pasukan religius dan di penghujung kontingen adalah pasukan olahraga.  Menurut Sularto bahwa kontingen SMP Negeri 1 Sidoharjo memadukan budaya dan seni melalui kreasi siswa untuk menanamkan sikap patriotik dan nasionalis serta melestarikan budaya daerah sebagai wujud pengamalan nilai-nilai sosial kearifan lokal dan cinta tanah air”.

Seluruh siswa SMP Negeri 1 Sidoharjo sangat antusias dalam berlatih agar  saat atraksi pada hari Kamis (18-8-2022)  dapat menunjukkan peragaan yang baik dan kompak. Sebelum tampil, seluruh pasukan akan dilatih oleh masing-masing pendamping pasukan. Guru pendamping pun sangat bersemangat dalam mengasah keterampilan para siswa agar mandiri dan sukses saat atraksi. Pasukan semafor dan Tari Jaranan tidak ketinggalan untuk menampilkan aksinya di depan warga SMP Negeri 1 Sidoharjo. Pasukan Jaranan dan semafor berdampingan berlatih di halaman. Masing-masing pasukan dan guru pendamping beratraksi diurutkan dari pasukan paling awal.

Dengan diadakannya kembali pawai kebangsaan dalam rangka  HUT Republik Indonesia ke-77, diharapkan  Indonesia segera pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat setelah pandemi Covid-19 yang telah menginfeksi lebih dari enam juta penduduk Indonesia. Dengan mengikuti pawai kebangsaan ini, akan tertanam jiwa nasionalisme sehingga akan terwujud karakter Profil Pelajar  Pancasila seutuhnya demi tercapainya visi misi SMP Negeri 1 Sidoharjo Berprestasi, Berbudaya Tinggi, dan Berakhlak Mulia.

Reportase : Janitra Almira Madayuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *