MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Wonogiri Gelar KKG Paket 4

 Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri kembali menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 4 secara virtual menggunakan aplikasi Microsoft Team dengan link https://s.id/mgmpBI-p4-k1 Kamis, 25 Agustus 2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh 160 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri. Narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri, Sriyono yang menyampaikan materi Implementasi Kurikulum Merdeka.

Mengawali praacara, Hery Suryanto selaku host pada kegiatan ini menyapa para peserta yang masuk meeting room. Selanjutnya, host menyerahkan waktu kepada moderator, Sri Haryanti sebagai pemandu acara mengingatkan hal-hal teknis terkait kelancaran kegiatan ini. KKG dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Kegiatan diawali dengan doa dan dilanjutkan pembukaan oleh moderator, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan laporan dari Ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 04, Hery Suryanto. Beliau memaparkan inti dari kegiatan KKG paket 4 hari ini. Semua guru Bahasa Indonesia dihimbau mengikuti KKG sebagai sarana mengembangkan diri dengan mengikuti kegiatan tersebut dan tetap  antusias untuk menyelesaikan paket selanjutnya. Melalui  KKG ini diharapkan mendapatkan pemahaman  mengenai Kurikulum Merdeka meskipun sudah sering dilaksanakan, melalui diklat atau pelatihan tetapi belum paham dalam mengimplementasikannya.

 Kemudian dilanjutkan sambutan dari Koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 04 Jatisrono Sudaryatni. Beliau Menyampaikan kegiatan KKG Paket 4 diharapkan semua guru Bahasa Indonesia dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah masing-masing. Selanjutnya sambutan Koordinator MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Wonogiri, Resi Hananto Agung Wahyono. Beliau menyampaikan dengan adanya kegiatan KKG yang mengambil tema Implementasi Kurikulum Merdeka diharapkan semua guru Bahasa Indonesia  mendapatkan pemahaman, bisa merasakan kemerdekaan  menerapkan dalam pembelajaran, mengupas tuntas Kurukulum Merdeka dilandasi semangat untuk belajar sehingga dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah, semoga kegiatan KKG ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi kita semua. Sesi berikutnya pemaparan materi sekaligus sambutan yang disampaikan Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri, Sriyono. Mengawali penyampaian materinya, yaitu Implementasi Kurikulum Merdeka, Sriyono menyapa peserta KKG, mengucapkan terima kasih atas antusiasme peserta  dalam mengikuti kegiatan ini.  Beliau menjelaskan hal penting dalam kurikulum merdeka antara lain perencanaan , pelaksanaan pembelajaran dan penilaian.  Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai obsi tambahan dalam rangka pemulihan pembelajaran selama tahun 2022 s.d. 2024. Kebijakan terkait kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran. Sekolah yang belum siap untuk menggunakan kurikulum merdeka masih dapat menggunakan kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran. Kurikulum Merdeka sebagai opsi bagi semua satuan pendidikan  yang di dalam proses pendataan merupakan satuan pendidikan yang siap melaksanakan Kurikulum Merdeka.

          Setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab dan sharing dari peserta Kegiatan Kolektif Guru. Diakhir penyampaiannnya Sriyono menjelaskan dengan adanya kegiatan ini  diharapkan guru bisa mendapatkan pemahaman kaitan Kurikulum Merdeka dan diharapkan dapat mengimplementasikan dalam pembelajaran. Pada kegiatan penutup Moderator mengucapkan terima kasih kepada narasumber atas materi yang telah disampaikan. Sebelum mengakhiri kegiatan, Host mengucapkan terima kasih kepada semua peserta Kegiatan Kolektif Guru yang telah mengikuti kegiatan ini. Di akhir pertemuan, Sri Haryanti dan Hery Suryanto sebagai clossingnya mengharap agar peserta KKG hari ini bisa memanfaatkan waktu KKG dengan baik dan aktif mengikuti kegiatan KKG pertemuan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *